Jumat, 11 Januari 2013

Tulisan Ke 18 Mata Kuliah Bahasa Indonesia II (Ini Penyebab Rupiah Melemah)


Ini Penyebab Rupiah Melemah

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, menyatakan, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam sepekan terakhir disebabkan aksi sejumlah eksportir yang menahan dolar di bank dalam negeri dan tidak dikonversi dalam rupiah.

"Walaupun pembayaran telah masuk, tapi eksportir valas tidak menukar ke rupiah, maka tidak menambah suplai valas di pasar," kata Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 11 Januari 2013.

Untuk menjaga fluktuasi nilai tukar, Bank Indonesia akan menempuh beberapa kebijakan, salah satunya Operasi Pasar Terbuka (OPT) yang akan dilakukan di pasar moneter.

Sayangnya, ia enggan menjelaskan bentuk kebijakan yang ditempuh dalam waktu dekat. "BI sudah merumuskan langkah yang akan ditempuh dalam waktu dekat. Ini kebijakan soal pengendalian pasar dan bukan dalam bentuk aturan baru," katanya.

Sekadar informasi, berdasarkan data kurs tengah Bank Indonesia, Jumat siang, 11 Januari 2013, rupiah berada di level Rp9.740 per dolar AS dengan jumlah cadangan devisa mencapai US$112,78 miliar.

Sumber:
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/381442-ini-penyebab-rupiah-melemah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar