Senin, 07 Januari 2013

Pendapat Tokoh Masyarakat Terhadap Koperasi Di Indonesia


Pendapat Tokoh Masyarakat Terhadap Koperasi Di Indonesia


Pendapat Menteri KUMKM terhadap Koperasi Di Indonesia.
Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (KUKM), Syarief Hasan dalam pidatonya pada  Peringatan  Hari Koperasi yang ke 65 tahun 2012 mengatakan bahwa pada peringatan hari Koperasi yang ke 65 ini terdapat momentum bersejarah bagi gerakan koperasi di Indonesia dan dunia.
  1. Pertama, Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sustainable, semakin baik, cukup tinggi saat ini telah menciptakan banyak peluang ekonomi bagi Koperasi Indonesia. 
  2. Kedua, Arahan Bapak Presiden Republik Indonesia DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono bahwa melalui gerakan revitalisasi koperasi adalah salah satu program utama Pemerintah untuk menunjang perekonomian Indonesia menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera. 
  3. Ketiga, PBB telah mencanangkan tahun 2012 sebagai tahun koperasi dunia (International Year Cooperative).

Masih Dalam Pidatonya tersebut beliau juga menghimbau Kepada para Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM, propinsi, kabupaten dan kota, diharapkan harus lebih meningkatkan pembinaan, pengawasan terhadap koperasi. Karena Melalui pembinaan yang intensif akan menghasilkan koperasi dapat tumbuh, kuat, besar dan mandiri, dan koperasi yang memiliki sumber daya manusia, manajemen, penguasaan teknologi yang tinggi dan berkualitas.

Kesimpulan:
Dari petikan pidato menteri KUMKM Syarief Hasan diatas, Saya berpendapat bahwa Perkembangan Koperasi di Indonesia  telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Ini dasari oleh pengungkapan oleh Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada acara Clossing Ceremony International Years Cooperative (IYC) 2012 pada tanggal 19 hingga 20 November 2012 di New York Amerika Serikat. PBB mengungkapkan bahwa Indonesia dianggap sebagai salah negara yang berhasil mengembangkan koperasi.

Saya Juga sependapat oleh apa yang dikatakan oleh Bapak Menteri bahwa pemerintah dalam hal ini para Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM, propinsi, kabupaten dan kota harus meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap koperasi.

Oleh sebab itu, menurut saya pemerintah baik pusat maupun daerah perlu melaksanakan apa yang telah dihimbau oleh bapak Menteri tersebut, karena tanpa adanya peran Pemeritah maka perkoperasian di Indonesia Tidak akan berkembang.

Sumber :
-http://www.suarapembaruan.com/home/indonesia-dianggap-berhasil-dalam-sektor-koperasi-dan-ukm/27300


Tidak ada komentar:

Posting Komentar