Rabu, 09 Januari 2013

Contoh Koperasi Sukses


Koperasi Hortina Direktorat Jenderal Hortikultura


Nama Koperasi : Koperasi Hortina 
Telepon       : 021-7801330
Email         : kopkarhorti@yahoo.co.id

Sejarah Singkat
Berdiri pada tahun 2001 Koperasi Hortina Direktorat Jenderal Hortikultura adalah sebuah Koperasi yang pada awalnya didirikan khusus untuk para karyawan yang bekerja di lingkungan kerja Direktorat Jenderal Hortikultura. Namun seiring dengan perkembangan waktu, KOPERASI HORTINA mulai mengembangkan sayapnya dengan mengizinkan pendaftaran anggota yang berasal dari luar lingkungan kerja Direktorat Jenderal Hortikultura, contohnya: Cleaning Service, Karyawan Kontrak Direktorat Jenderal Hortikultura, serta masyarakat umum lainnya yang berada di luar lingkungan kerja Direktorat Jenderal Hortikultura. Adapun saat ini yaitu periode 2010-2012 Koperasi Hortina diketuai oleh Langgeng Muhono, SP,MP. Dengan jumlah anggota sampai dengan tahun 2011 berjumlah 390 anggota.

Kesuksesan/Pencapaian Koperasi Hortina pada Tahun 2011
Pada Tahun 2001 yang lalu Koperasi yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang Aneka Usaha itu telah memperoleh Pendapatan sebesar Rp. 42.892.594 yang di peroleh dari:

a.Pengadaan Barang dan Jasa                                                                
 (hasil selama 1 tahun)                    Rp. 14.000.000,-
b.Unit Foto Copy                                                                                      
(kerjasama dengan pihak ke 3)             Rp. 10.300.000,-
c.Penjualan Barang–Barang Elektronik dll                                         
   (Jasa penjualan barang konsinyasi/         Rp. 18.592.594,- 
    barang-barang elektronik)                                                                          
     Jumlah                  Rp. 42.892.594,-

Selain itu pada tahun yang sama KOPERASI HORTINA juga memperoleh pendapatan dari Jenis aneka usaha lainnya yaitu Usaha Penjualan Bawang Merah dan Hewan Qurban.
Penjualan bawang merah merupakan bentuk partisipasi koperasi Hortina untuk membantu membantu petani bawang merah di Brebes yang mengalami panen raya dan harga jual yang jatuh. Namun diakui, usaha ini lebih bersifat aktifitas sosial karena memang tidak mendapatkan penghasilan bagi koperasi.
Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan anggota koperasi hortina terhadap hasrat berkurban maka pada tahun 2011 bertepatan dengan perayaan Idul Qurban 1432H, koperasi menawarkan hewan kurban dan alhamdulilah, cukup mendapat respon dari anggota. Meski belum menghasilkan pendapatan yang signifikan namun Koperasi Hortina akan mengembangkan program ini pada tahun 2012. Salah satu  yang ditawarkan untuk mendukung program ini adalah “Tabungan Kurban 2012 Idul Qurban 1433 H.
Program yang belum terealisasi pada di tahun 2011 lalu adalah pengadaan perumahan khusus bagi karyawan Direktorat Jenderal Hortikultura dan Jasa pembayaran online untuk berbagai kebutuhan semua anggota seperti pembayaran telepon, listrik, cicilan dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena Program masih terkendala perihal perizinan, ruangan yang belum tersedia dan beberapa faktor teknis lainnya. Tetapi pihak pengurus akan tetap terus berusaha mempercepat proses-proses tersebut, agar di tahun mendatang tercapai target untuk kesejahteraan semua anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar