Jumat, 11 Januari 2013

Tulisan Ke 19 Mata Kuliah Bahasa Indonesia II (Cara BI Jaga Fluktuasi Rupiah)


Cara BI Jaga Fluktuasi Rupiah
Guna menjaga fluktuasi nilai tukar rupiah, Bank Indonesia (BI) telah melakukan beberapa langkah, di antaranya menjaga pembalikan arus modal yang berasal dari penjualan surat utang negara (SUN) oleh asing.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengungkapkan, hingga 6 September 2012, kepemilikan asing pada Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp234,84 triliun atau 27,96 persen dari total SBN yang mencapai Rp839,9 triliun.

"Kami menyadari kerentanan yang akan ditimbulkan dari besarnya kepemilikan asing pada SBN terhadap stabilitas nilai tukar," kata Darmin dalam jawaban tertulisnya untuk Anggota Dewan Komis XI di Gedung DPR Jakarta, Senin 10 September 2012

Menurutnya langkah yang dilakukan BI adalah memonitor intensif perilaku investor asing, khususnya yang melakukan investasi di pasar SBN.

Selain itu, BI juga akan terus meningkatkan kepemilikan BI atas SBN yang akan digunakan sebagai instrumen moneter. Sejak September 2011 hingga September 2012, kepemilikan SBI oleh BI meningkat dari Rp47,9 triliun menjadi Rp82,4 triliun.

"Dengan terjaganya stabilitas harga SBN dapat mencegah terjadinya pembalikan modal yang lebih besar," ujarnya.

Selain itu, BI juga terus menjaga kepercayaan investor domestik terhadap pasar obligasi domestik. Sebagai contoh, akhir 2005 lalu terjadi kejatuhan harga SBN yang tajam, sehingga mengakibatkan investor domestik khususnya yang berinvestasi pada reksadana berbasis SBN mengalami trauma untuk berinvestasi di pasar obligasi.

"Penguatan basis investor domestik sangat penting untuk pendalaman pasar keuangan dan stabilitas nilai tukar," kata Darmin.

Siang ini rupiah diperdagangkan pada Rp9.570 per dolar AS, dengan rentang perdagangan Rp9.575 - Rp9.580. Rupiah terus melemah sepanjang tahun ini dari posisi awal tahun Rp9.090 per dolar AS. Bahkan dibandingkan 9 September 2011, rupiah telah turun tajam hingga Rp1.000 yang saat itu dipasarkan pada Rp8.570.

Sumber:
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/350188-cara-bi-jaga-fluktuasi-rupiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar